bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

8 Cara Agar Bisa Pensiun Lebih Kaya

Tidak ada yang menginginkan hidup susah di masa pensiun. Sebaliknya, semua orang berpotensi untuk mengalami kesulitan keuangan di saat pensiun, tak terkecuali mereka yang sekarang hidup berkecukupan.

Sayangnya, banyak orang tidak sadar bahwa untuk bisa sejahtera di masa tua, uang bukan faktor utama. Sebab diperlukan pula perencanaan dan strategi tertentu. Ingat, mengumpulkan kekayaan memang sulit, namun lebih sulit lagi mempertahankan kekayaan.

Nah, dengan persiapan dan strategi yang matang, masa tua yang indah pun bisa terwujud. Berikut beberapa cara yang dapat membantu Anda agar tetap kaya saat pensiun.

Mempersiapkan dana kebutuhan pensiun sejak muda

Meniru cara yang dilakukan para miliarder dunia, cobalah untuk mempersiapkan dana kebutuhan pensiun sejak dini. Ini adalah salah satu langkah paling tepat bila Anda ingin merdeka secara finansial di usia pensiun.

Bahkan, bila Anda menyiapkan pensiun dengan baik dan terencana, bukan tidak mungkin anak-cucu Anda juga dapat menikmati hasilnya. Seperti yang dikatakan salah satu dari lima orang terkaya dunia, Warren Buffet “Seseorang bisa duduk dalam keteduhan hari ini lantaran ada orang lain yang menanam sebuah pohon bertahun-tahun lalu.”

Hindari utang menjelang masa pensiun

Masa pensiun adalah masa ketika Anda tidak lagi produktif. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah memasuki masa persiapan pensiun, upayakan untuk menghindari utang dalam jenis apapun, terlebih utang konsumtif. Jangan sampai simpanan yang sudah Anda persiapkan untuk masa pensiun terkuras untuk membayar utang.

Downsizing rumah

 

Rumah dapat menjadi beban di masa pensiun. Semakin besar sebuah rumah, maka semakin banyak pula biaya perawatan yang harus dikeluarkan. Apalagi di masa pensiun, stamina Anda sudah jauh berkurang sehingga untuk mengurus rumah perlu bantuan orang lain. Bila tidak ingin rumah menjadi batu sandungan rencana pensiun Anda, sebaiknya jual rumah Anda sekarang dan pindah ke tempat yang berukuran lebih kecil.

Ganti kendaraan Anda

Selain rumah, kendaraan yang sudah berumur juga bisa membuat Anda bangkrut saat pensiun. Dibanding simpanan pensiun Anda habis hanya untuk merawat mobil yang sudah tak prima lagi, tidak ada salahnya membeli mobil baru. Anda bisa mencari mobil yang irit bensin tetapi memiliki mesin yang kuat. Namun ingat, hal ini hanya bisa dilakukan menjelang pensiun dan bukan ketika Anda sudah pensiun.

Tingkatkan tabungan saat anak sudah mandiri

Idealnya, pengeluaran seseorang semakin menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan oleh menghilangnya sejumlah pengeluaran rutin. Ketika anak Anda sudah dewasa dan mandiri, misalnya, tentu pengeluaran yang Anda alokasikan untuk biaya hidup, biaya pendidikan dan kebutuhan anak menghilang.

Di saat itulah Anda bisa menabung lebih banyak lagi untuk kebutuhan pensiun. Tentunya ini bisa dilakukan dengan catatan Anda menjalani gaya hidup yang wajar dan tidak konsumtif.

Siapkan bisnis

Siapkan bisnis jauh hari sebelum masa pensiun tiba. Sejak muda, pertimbangkan bisnis yang paling cocok bagi Anda dan dapat diandalkan di masa pensiun kelak. Bisnis tersebut bisa berhubungan dengan minat dan bahkan hobi Anda. Bila Anda bingung, Anda bisa memilih berbagai macam tawaran waralaba yang ada di sekitar Anda.

Cari instrumen investasi yang tepat

Menyimpan uang kebutuhan pensiun pada instrumen investasi yang tepat akan membantu Anda mewujudkan masa tua sejahtera. Ada berbagai macam instrumen investasi seperti reksa dana, saham, deposito, surat berharga hingga tanah dan property. Pastikan instrument investasi yang Anda pilih sesuai dengan profil dan rencana keuangan Anda.

Pilih partner yang tepat untuk pengelolaan kekayaan Anda

Bila Anda membutuhkan bantuan profesional untuk mengelola uang pensiun Anda, gunakan jasa wealth manager. Salah satu Wealth Manager terpercaya di Indonesia dimiliki oleh bank DBS. Para profesional pengelola aset tersebut berperan sebagai manager keuangan yang membantu Anda mengembangkan kekayaan. Dengan pengetahuan dan pengalaman mereka, Anda akan memperoleh saran ahli di bidang perbankan sehingga Anda dapat mengambil keputusan finansial yang tepat bak miliarder dunia.

sumber: okezone.com

 

Pensiun Kaya

Subscribe

Trimakasih untuk kunjungan anda di Benyut.com untuk update info terbaru, Silahkan isi email anda. Trimakasih

No Responses

Tinggalkan Balasan